1.
Pengertian
bina bicara
Bina
bicara adalah suatu layanan bagi anak yang memiliki gangguan bicara, agar anak
mampu memaksimalkan menggunakan organ bicara dan anak mampu berkomonikasi
dengan bai dalam kehidupan sehari.
2.
Perkembangan
bicara anak normal
Bicara
adalah suatu kemungkinan manusia akan mengucapkan bunyi-bunyi bahasa dengan
alat bicara. Bicara merupakan suatu perbuatn dari manusia yang sifatnya
perseorangan. (L.C. De Vrede Varekamp, 1980:7 )
Berbagai
pendapat para ahli tentang tahapan perkembagan bicara anak dimulai paa tahap : ”
bayi baru lahir , akhir bulan pertama, akhir bulan ke dua, akhir bulan ke tiga,
sampai akhir bulan ke dua belas”. (Thedo Helbruge, 1988:178) berikut ini
tahapan perkembangan bicara sebagai berikut:
Reflek
vokalisai
Tangis
pertama berlangsung sampai umur 2 mnggu pada face ini hnyan mampu mengeluarkan
suara belum mampu membeda-bedakan. Mulai minggu ke tiga tangis sudah dapat di
bedakan.
Meraban
(babbling)
Pada
tahap eraban kemampuan membuat bunyi yang berangsung pada usia dua sampai tiga
bulan. Bayi senang bermain degan suara sendiri seperti orang berkumur- kumur
Lalling
Tahap
ini berlngsung pada usia lima sampai tujuh bulan. Pada tahap ini mendengar
mulai berfungsi dan bayi sudah menyadariakan suara yang dibuatnya, mengamati
bunyi dari lingkungan dan bunyi bicaranya sendiri.
Echolalia
Priode
ini berjalan antara usia Sembilan sampai sepuluh bulan. Mula-mula mencoba
suara-suara lingkungan yang didengarnya, suara-suara tersebut merupakan
rangsangan awal yang kemudian aan ditirunya. Atas dasar peniruan suara-suara
tersebut bayi sudah mampu mengucaokan satu sibol untuk satu pengertian secara
lengkap meskipun suaranya belum jelas.
Bicara
sebenarnya
Bicara
sebenarnya merupakan tahap sejati. Mulai pada usia dua belas bulan sampai dua
belas bulan, pemahaman terhadap kata-kata sudah lebih banyak dikuasai walaupun
ucapannya belum sempurna. Bahas pasif lebih cepat berkembang, dari pada bahasa
aktif. Kata yang diucapkan terdiri dua suku kata.
Seorang
anak pada akhir bulan ke sebelas sudah
berada pada tahap pemahaman suatu konsep, hanya saja satu lambang ujaran kadang
kala masih melamngkan satu ata lebih symbol. Misalnya aju untuk symbol ujaran
baju atau celana.
Sedangkan
pada akhir ulan ke dua belas perkembangan bicaranya sudah lebih baik lagi
dengan pola mengucapan yang menuju karah kesempurnaan
Gangguan Bicara
Kelainan
bicara merupakan salah satu jenis kelainan atau gangguan prilaku komunikasi
yang ditandai dengan dengan adanya kesalahan proses produksi bunyi bicara.
Kesalahan proses produksi bunyi bicara tersebut menyebabkan kesalahan
artikulasi fonem, baik dalam segi titik artikulasi dan dalam segi pengucapan.
Ditinjau
dari segi klinis, gejala kelainan bicara dalam hubungannya dengan penyebab
kelainanya, dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis seperti diuraikan berikut ini:
Disaudia
Disaudia
adalah atu jenis gangguan bicara yang disebabkan gangguan pendengaran. Gangguan
pendengaran tersebut menyebabkan klien mengalami kesulitan dalam menerima dan
mengelola nada dan itensitas dan kualitas bunyi bicara, sehingga pesan bunyi
yang diterima tidak sempurna atau mungkin salah maknakan, dengan demikian
konsep pembentukan bicara menjadi salah.
Bila
kita amati karekteristik bicara klien disaudia adalah sebagai berikut: terdapat
kesalahan pengucapan baik dalam mekanisme pergerakan titik artikulasi maupu
dalam pengucapannya. Kesalahan dalam penggunaan fonem yang berhubungan dengan
alat ucap, intensitasnya semakin berkurang, nadanya cenderung tinggi tidak
jarang mereka megalami pitch break atau perubahan nada yang terjadi sear
tiba-tiba.
Dislogia
Dislogia
adalah sebagai satu bentuk kelainan bicara yang disebabkan oleh kemampuan
kapasitas berfikir atau taraf kecerdasan yang dibawah normal. Rendahnya taraf
kecerdasan menyebab klien dislogia mengalami kesulitan untuk mengamati
rangsangan yang diterima dari lingkungannya. Kemampuan mental intelektual yang
diperlukan dalam proses berfikir, mengingat, asosiasi, reproduksi dan daya
khayal tidak dapat berperan dengan sempurna.
Disartria
Disatria
adalah suat jenis kelainan bicara yang
disebabkan kelumpuhan, kelemahan, kekakuan atau koordinasi otot alat-alat ucap
atau organ bicara sehubung denga adanya kerusakan pada susunan saraf pusat
ataupun perifer
Disglosia
Disglosia
atau mengandung arti kelainan bicara yang terjadi karena adanya kelainan bentuk
stuktur dan organ bicara yaitu articulator.sepeti telah kita ketahui bahwa
artiklator merupakan bagian akhir dari suatu rangkaian proses bicara yang
sekaligus berfungsi sebagai resonator dan memodifikasi suara yang diperoleh
daerah glottis atau pangkal tengoroan pada saat fonasi, sehingga menjadi suatu
rangkaian fonem yang bermakna.
Keterlambatan
dan gangguan dalam bicara bia memulai dari bentuk yang sederhana seperti bunyi
yang tidak normal sampai dengan ketidak mampuan mekanisme motorik oral dalam
fungsi untuk bicara. Seorang anak yang mengalami gangguan bahasa mungkin saja
dapat mengucapkan satu kata dengan jelas tetapi ia tidak dapat menyusun dua
kata dengan baik dan sebaliknya ucapan kata sulit dimengerti.tetapi ia dapt
menyusun kata dengan benar
Factor
yang mempengaruhi bicara seseorang adalah
Factor
internal
Yaitu
dari factor dalam diri individual seperti kecerdasa, motivasi. Dan fakto organ
bicara individu dan pendengaran diri seseorang
Factor
eksternal
Yaitu
dari factor luar seperti lingkungan dan factor social seperti keadaan rumah
tangga.kesempatan yang tersedia dan motivasi sosial
Pembinaan Gangguan Komunikasi
Sebagi
upaya dalam pemberian pelayanan kepada anak yang mengalami gangguan komunikasi,
terlebih dahulu harus itentukan jenis gangguan klien. Adapun cara menentukan
gangguan harus mempunyai keteramilan mengumpulkan data melalui observasi,
wawancara. Tes dan pemeriksaan klini. Dengan mengetahui jenis gaggian secara
tepat. Karena dugaan yang kurang tepat akan mempengaruhi hasil latihan yang
diberikan atau mungkin akan menambah parah gangguan yang dialami oleh anak.
Metode
dan Teknik Pelayanan
v Metode stimulasi
metode
ini dilakukan berdasarkan prinsip pengamatan terhadap suatu rangsangan secara
terpadu melalui modalitas sensoris yang dimiliki seseorang dapat dipergunakan
untuk memperaiki konsep komunikasi yang salah. Metode stimulasi ini dapat
dibedakan lagi atas:
Ø Metode stimulasi visual
Metode
ini merupakan metode perbaikan prilaku komunikasi yang mempergunakan sitem
visual. Dalam metode ini penderita melihat mekanisme gerak organ bicara yang
benar dan klien berusaha mengerakan organ bicaranya sendiri yang dilihatkan
oleh guru.
Ø Metode stimulasi auditoris
Merupakan
stimulasi auditoris ini merupakan suatu metode perbaikan gangguan komunikasi
yang mempergunakan system auditoris. Dalam hal ini klien mendengar bunyi-bunyi
bicara yang benar dan kemudian berusaha untuk memproduksi bunyi-bunyi bicara
yang benar sebagai yang didengar dan model yang diberikan oleh guru.
Ø Metode stimulasi visual-auditoris
Metode
ini gabungan dari metode mendengar dan menirukan gerakan organ bicara
v Metode phonetic-placement
Metode
ini mengutamakan latihan otot-otot dan sendi organ bicara melalui
intruksi-intruksi verbal dan dibantu oleh alat peraga visual sesuai pergerakan
yang dikehendaki
v Metode moto-inestetik
Metode
ini diebut juga metode manipulasi. Guru memberikan teknik manipulasi secara
langsung kepada otot-otot organ bicara atau organ komunikasi yang dipandang pelu.
Pemberian manipulasi mempergunakan jari guru atau alat khusus agar penderita
mampu mengendalikan gerak organ bicara yang perlu dalam komunikasi.
Peranan Guru dalam Pengelolaan
Gangguan Komunikasi
sekolah luar biasa adalah suatu
lembaga pnyelenggara pendidikan untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.
Oleh karena itu guru memiliki kopetensi yang dibutuhkan untuk menangani anak
tersebut.
Penyusunan Bahan Ajar
Untuk
menentukan bahan ajar yang sesuai, perlu dilakukan langkah-langkah sebagai
berikut
Mengidentifikasi jenis kelainan
Memilih alternative kelainan esensial
Menentukan kemungkinan latihan yang
efektif dan efesien
Memilih materi yang tepat
Menyusun program latihan
Melaksanakan evaluasi
Mengadakan tindak lanjut
Sarana dan pra sarana latihan
Alat
alat elektronik
·
Speech trainer yaitu alat yang digunakan
untuk latihan bicara
·
Tape recorder alat untuk merekam suara
klien
·
Audiometer alat emeriksa pendengaran
Alat non-elektrnik
·
Alat latihan meniup
·
Kaca cermin latihan artikulasi
Best Casinos in the US - MapYRO
BalasHapusA complete 과천 출장마사지 list of casinos in the 거제 출장샵 United States. List of all 포항 출장안마 casinos in the United States. MapYRO has the most up-to-date gambling 성남 출장마사지 laws for US citizens. 정읍 출장마사지